Waspadalah Waktu Terasa Tersentak Saat Sedang Tidur! Itu Menandakan...

Waspadalah Waktu Terasa Tersentak Saat Sedang Tidur!



Pernahkah Anda terasa tersentak seperti terjatuh saat sedang tidur nyenyak, lalu tiba-tiba Anda bangun dengan jantung berdebar? Bila pernah, sebaiknya Anda sedikit waspada karena perasaan ini dapat menandakan gejalan penyakit tertentu.

Kondisi seperti ini dalam pengetahuan medis di kenal dengan arti tersentak hypnic yang didahului dengan sensasi terjatuh atau mimpi terjatuh dari ketinggian. Sekitar 70 % orang hampir pernah alami kondisi seperti ini saat sedang tidur. Terasa tersentak waktu tidur dipicu oleh gerakan spontan otot dengan cara tidak sadar ditambah masalah dari luar seperti cahaya atau suara. Memang tidak ada yang butuh dikhawairkan bila alami keadaan seperti ini saat tertidur lelap, namun keadaan ini dapat jadi tanda masalah kesehatan.

Dikutip dari Scoopwhoop. com, penyebab medis paling umum mengapa kita terasa tersentak saat tidur dapat karena kecemasan atau stres. Penelitian mengungkap kalau kecemasan dapat mengganggu pola tidur dan mengakibatkan tersentak hypnic.

Keadaan ini dapat mempunyai frekwensi yang tidak sama sesuai kadar stres yang tengah kita alami. Bila tingkat stres makin tinggi, jadi rasa tersentak waktu tidur akan makin merasa sampai bikin Anda terperanjat serta jantung berdebar-debar.

Diluar itu penyebabnya lain masalah ini dapat karena sebab tidur sampai larut malam. Tidur sampai larut malam bisa mengakibatkan pergantian dalam neurotransmisi atau keadaan dimana saraf alami kemacetan yang mengakibatkan tersentak hypnic.


Dalam masalah lain, keadaan ini dapat dapat disebabkan karena sindrom kaki gelisah. Sindrom kaki gelisah umumnya dikarenakan saat orang alami sensasi yg tidak nyaman pada kaki mereka, seperti kesemutan.

Oleh karenanya terkadang kita sukai mengguncangkan kaki waktu terasa tersentak saat tengah tidur. Hal semacam itu dikerjakan dengan cara spontan oleh badan tanpa ada diakui untuk memperingan kaki dari sensasi tak nyaman.

Walau demikian riset lain tunjukkan kalau sindrom kaki gelisah dapat juga karena sebab penyalahgunaan alkohol, kurang tidur, gagal ginjal, serta bahkan juga diabetes.

Penyebabnya lain mungkin saja karena lesi otak, terlebih di dekat saluran piramida otak yang terkait dengan gerakan badan. Lesi bisa mengakibatkan gerakan spontan saat tubuh tertidur.

Walau tidak seutuhnya keadaan tersentak hypnic dapat tunjukkan masalah kesehatan, namun bila Anda terlalu sering mengalaminya, baiknya segera periksa kondisi kesehatan Anda ke dokter.
Waspadalah Waktu Terasa Tersentak Saat Sedang Tidur! Itu Menandakan... Waspadalah Waktu Terasa Tersentak Saat Sedang Tidur! Itu Menandakan... Reviewed by Risti Endang on 23.13 Rating: 5